Islam Berkemajuan Menurut Muhammadiyah

Konsep Islam berkemajuan bukanlah konsep yang asing di lingkungan Muhammadiyah, terutama sejak dideklarasikan pada mukatamar tahun 2010 silam. Lalu apa yang dimaksud dengan Islam yang berkemajuan serta apa saja yang menjadi dasar atau pondasi dari konsep tersebut?

Islam sendiri sebenarnya adalah agama yang berkemajuan, artinya Islam merupakan agama yang membawa misi kemajuan dalam membangun peradaban umat manusia. Hal ini bisa dilihat dari sejarah Islam itu sendiri, khususnya di zaman Rasulullah. Kehadiran agama Islam terbukti mampu mengubah kehidupan jahiliyah ke kehidupan yang lebih baik.

Bahkan di generasi Sahabat, Tabi’in, dan generasi setelahnya, Islam mampu menguasai dunia. Tidak hanya dalam bidang militer, penguasaan Muslimin kala itu, mencakup seluruh aspek kehidupan, termasuk dalam hal ini ilmu pengetahuan. Kekhalifahan Islam menjadi pusat peradaban, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan dunia.

Hal tersebut tak mengherankan, karena dalam hal ini, Islam juga bersifat universal. Artinya, agama Islam memiliki ajaran yang tak lekang oleh waktu, dan tidak dibatasi oleh wilyah tertentu. Terkait hal ini, silahkan lihat tulisan kami sebelumnya yang berjudul: Memaknai Kembali Bagaimana Sifat Islam Universal

Konsep Islam Berkemajuan

Islam yang berkemajuan menanamkan kebenaran, kebaikan, dan keadilan untuk mewujudkan kehidupan umat manusia yang makmur. Kebenaran, kebaikan, dan keadilan bukan hanya retorika semata. Juga bukan hanya dilakukan saat beribadah di masjid saja. Namun juga diterapkan dalam kegiatan sehari-hari ummatnya.

Islam juga menjunjung tinggi kedamaian dengan menolak segala bentuk kejahatan, baik itu berupa kekerasan, penindasan, ketidakadilan, maupun terorisme. Hal ini sesuai dengan contoh Rasulullah saw, yang meskipun di saat perang, namun beliau tetap menjunjung tinggi adab dan etika peperangan.

Konsep kehidupan yang seperti inilah yang selalu digaungkan oleh kelompok Muhammadiyah sejak kelahirannya di tahun 1912 silam. Islam yang berkemajuan juga memiliki misi untuk membawa masyarakat menjadi lebih maju dalam era modern seperti sekarang, tentunya dengan bekal ilmu dan pengetahuan yang sesuai dengan syariat Islam.

Dengan konsep Islam yang berkemajuan, masyarakat diharapkan bisa selalu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi tanpa meninggalkan norma agama. Masyarakat juga diharapkan bisa memiliki jiwa keagaman yang kokoh sehingga dapat mewujudkan suatu bangsa yang berakhlak baik, berilmu, serta menjunjung tinggi ukhuwah islamiyah.

Dasar Islam Berkemajuan Menurut Muhammadiyah

Ada 5 dasar atau pondasi Islam berkemajuan menurut Muhammadiyah, berikut penjelasannya.

1. Menegakkan tauhid murni dan menjauh dari hal-hal yang menjurus pada kemusyrikan. Tauhid berarti mengesakan Allah dalam setiap aspek kehidupan.

2. Pemahaman Al Quran dan Sunnah secara mendalam, karena Al Quran dan Sunnah adalah pedoman hidup bagi umat Islam.

3. Amal saleh yang fungsional dan solutif, artinya setiap individu harus melakukan amalan-amalan yang tak hanya berupa ibadah mahdah, tapi juga amalan yang bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi umat. Karena Rasulullah saw pernah bersabda, bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.

4. Berorientasi pada kekinian dan masa depan, artinya semua umat Islam harus berpikir sekaligus merancang masa depan agar bisa terus mengalami kemajuan. Maka, ilmu pengetahuan yang benar, harus terus digalakkan di kalangan ummat Islam.

5. Toleran, moderat, dan menjunjung tinggi kerja sama. Artinya, ummat Islam siap bekerja sama dengan ummat lain selama tidak melanggar syariat. Hal ini juga demi mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih makmur.

Itulah penjelasan singkat mengenai Islam berkemajuan yang juga menjadi pandangan kelompok Muhammadiyah. Semoga dengan penerapan yang benar, terwujud pula bangsa Indonesia yang berkemajuan seperti yang dicita-citakan.

https://islamdakwah.com/islam-berkemajuan.html/amp


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s